Senin, 21 November 2011

Lain Lubuk Lain Ikannya, Lain Padang Lain Belalangnya

Lain lubuk lain pula ikannya itulah pepatah yang menggambarkan lain negeri lain juga adatnya atau bisa dikatakan adat negeri satu berlainan dengan adat negeri lainnya.


Kali ini, aku ingin membahas tentang kebiasaan adat di berbagai pelosok dunia. contohnya saja di Indonesia, kebanyakan orang Indonesia bertanya mengenai alamat, status,  dan pekerjaan pada orang yang baru dikenal adalah sebuah keramahtamahan, namun bagi orang barat, ini bukan keramahtamahan melainkan mengganggu privacy orang lain atau bisa dikatakan menyinggung perasaaan orang lain.
Maka kita harus hindari jika tidak ingin mendapat masalah, apalagi di negeri orang.  Simak yuk yang satu ini agar terhindar dari masalah :


1. Jepang
Pada saat  Anda makan, usahakan tidak memegang rambut dan pakaian karena dianggap akan mengotori dan dinilai kurang sopan
Tidak boleh menuangkan sambalatau saus kecap sebelum dicicipi, ini dinilai tidak menghormati yang masak.
2. Thailand
Orang Thailand tidak pernah menyentuh kepala orang lain. Menyentuh kepala orang lain dianggap penindasan terhadap orang lain.
Jika mengunjungi kuil Budha, harus bersikap sopan, memakai baju rapi. Sepatu harus dilepas dan pantang bicara keras dan kotor. Tidak boleh menyindir atau menghina patung Budha yang sangat dihormati.
Di Thailand, Setiap hari diperdengarkan lagu kebangsaan yang mengharuskan segala aktivitas berhenti sejenak. Ketika mendengar lagu ini, sebaiknya ikut menghormatinya dengan cara diam.
3. Brunei
Hindari kata-kata ini jika berbicara dengan orang Brunei : 
Butuh, cocok, dan bayi karena dalam bahasa melayu Brunei kata-kata tersebut mengandung arti yang jorok atau kotor.
4. India
Ketika ada kucing hitam, kita harus lewat dengan cara mundur. Kucing hitam, dalam pandangan budaya India, merupakan simbol pembawa bencana atau pembawa sial.
5. Vietnam
Berkata kotor dan negatif dianggap akan membawa sial.
6. Hongkong
Jangan memegang Pundak orang lain yang lebih tua, karena dianggap mengambil hoki atau rejeki orang lain. Really????
7. Eropa
Jangan memakai barang palsu, jika ketahuan akan didenda.Hiii....seram juga yach....


Nah, itu tadi Tips jika readers ingin berpergian ke negeri orang. Semoga bermanfaat.


Sumber : Tips The Travellers DDT
                 http://catatandona.multiply.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar